Eksotisnya Sumatera

Pulau Sumatera tidak cuma kaya dengan tambang dan hasil hutannya yang melimpah ruah. Pulau ini menyimpan banyak cerita dan rahasia yang terjalin dalam perjalanan sejarah manusianya. Sumatera adalah satu-satunya pulau di Indonesia yang menjadi asal-mula terciptanya lebih dari tiga jenis aksara Nusantara. Peradaban dan manusia seperti apakah yang mendukung kelahiran pusaka adiluhung di Sumatera yang berjuluk Suwarnadwipa ini?

Jawabannya bisa teman-teman temukan pada seni hiasnya. Ketika ucapan dan tulisan sudah tak dapat merekam, maka tengoklah keindahan ukiran yang tertera pada arsitektur, perkakas, senjata tradisional dan pakaian mereka. Keindahan yang dihasilkan dari paduan kerumitan, keagungan serta kebersahajaan manusia-manusia Sumatera inilah yang hidup dan diwariskan secara turun-temurun kepada generasi mudanya.

William Marsden bercerita di dalam History of Sumatra bagaimana kehandalan seni ukir di atas kayu ataupun gading yang menghasilkan desain dengan bentuk-bentuk nan luar biasa manusia-manusia Sumatera tersebut berhasil memukau khalayak Eropa. Gagang keris menjadi salah satu benda yang sering mereka ukir, dengan bentuknya yang menyerupai kepala manusia atau paruh burung dengan tangan yang menyilang, mirip dengan bentuk dewa Mesir kuno. Keahlian mereka dalam membuat taplak dan tikar pun dinilai sangat mahal karena kerapihan dan kecantikkan ornamen di tepi-tepinya.

Gerakan Sarunai Sumatra yang digagas oleh alumni-alumni Heritage Camp 2013 terlahir dengan tujuan untuk membumikan kembali keindahan serta kebanggaan tersebut. Sumatera harus dikenal oleh seni hiasnya, oleh keanggunannya. Berbekal semangat, kreatifitas serta kerjasama maka kelima insan pencetus Sarunai Sumatra yang berdomisili di Padang, Jambi, Bandung dan Purwokerto ini menyatukan misi mereka untuk mengangkat nama tanah leluhur yang telah membesarkan mereka melalui desain dan fashion.

Dunia, bersiaplah. Lekuk-lekuk ornamen hias ala Sumatera yang mereka sajikan ini akan menghiasi jiwa pemuda-pemuda Nusantara hingga bergelora dengan rasa cinta akan tanah airnya sendiri!

 

–¬†Muhammad Ahlul Amri Buana –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s